MUHAMMAD SUHAILY BLOG

Selasa, 09 Desember 2014

MAKALAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN (PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL)



KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT Rabb semesta alam atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini  dengan judul “ Pendidikan dan Perubahan Sosial” tepat pada waktunya.
Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Rosul Allah Muhammad SAW yang telah membawa kita dari kegelapan kepada cahaya Rabbi, semoga tercurahkan juga kepada keluarga Beliau, sahabat dan somoga safa’at dapat kita terima di akhirat kelak. Amin.
Penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada Bapak Dosen dan teman-teman satu team yang  telah mendukung penyelesaian makalah sebagai tugas kuliah. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyajian ini jauh dari tingkat kesempurnaan, maka dari itu kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan makalah ini.


DAFTAR ISI
Kata Pengantar..............................................................................................
Daftar Isi........................................................................................................
BAB I ENDAHULUAN..............................................................................
A.Latar Belakang...........................................................................................
B.Rumusan Masalah......................................................................................
C.Tujuan........................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A. Pendidikan................................................................................................
a)      Pengertian..........................................................................................
b)      Fungsi Pendidikan Terhadap Perubahan Sosial.................................
B.Perubahan Sosial........................................................................................
a)      Pengertian Perubahan Sosial..............................................................
b)      Teori Perubahan Sosial.......................................................................
c)      Faktor-faktor Perubahan Sosial.........................................................
C..Hubungan Pendidikan dengan perubahan Sosial......................................
BAB III PENUTUP......................................................................................
A.Kesimpulan................................................................................................
B.Saran..........................................................................................................
Daftar Pustaka...............................................................................................



BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang.
Pendidikan dan perubahan sosial, keduanya saling bertautan satu dengan yang lain. Keduanya saling mempengaruhi, sehingga berdampak luas di masyarakat. Pendidikan adalah lembaga yang dapat dijadikan sebagai agen pembaharu/perubahan sosial dan sekaligus menentukan arah perubahan sosial yang disebut dengan pembangunan masyarakat. Sedangkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat setiap kalinya dapat direncanakan dengan arah perubahan yang ingin dicapai. Namun perubahan sosial juga dapat terjadi setiap saat tanpa harus direncanakan terlebih dahulu disebabkan pengaruh budaya dari luar.
Pendidikan sejak dulu sampai sekarang merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. Pendidikan memberikan kemajuan pemikiran umat manusia, sehingga taraf hidup mereka meningkat. Dalam perkembangannya dari zaman ke zaman pendidikan berubah menjadi suatu sistem. Suatu sistem pendidikan yang tersusun secara sistematis diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 11 ayat 1, yang menjelaskan bahwa pendidikan dilaksanakan melalui 3 jalur yaitu pendidikan formal, nonformal,dan informal. Ketiga jalur pendidikan ini satu sama lain saling berkait dan membutuhkan untuk melakukan perubahan sosial yang terjadi di masyarakat kelak.
Pendidikan mempengaruhi masyarakat yang pada akhirnya terjadi perubahan sosial. Perubahan sosial sebagai bentuk inovasi yang berkaiatan dengan seluruh aspek kehidupan manusia yang bertujuan meningkatkan kemakmuran. Bermacam konsep perubahan sosial disodorkan para ahli dalam menganalisis fenomena tersebut yaitu, konsep kemajuan sosial, konsep sosialistik, konsep perubahan siklus, teori sejarah, teori pertikularistik, toeri sosiologi serta sosiologi dan perubahan sosial.
Di masa depan pendidikan dalam prespektif perubahan sosial banyak dikonsepkan oleh sebagian ahli, pendidikan adalah sebagai proses yang dapat mengubah perilaku individu dalam konteks teori perubahan sosial akan mempunyai dampak terjadinya perubahan baik pada tingkat individu sebagai agen maupun tingkat kelembagaan yang mampu mengubah struktur sosial yang ada di masyarakat. Diharapakn pendidikan dalam perubahan sosial dapat menghasilakn generasi yang kritis serta solusif dalam menghadapi permasalahan.

B.Rumusan Masalah
Adapun Rumusan Masalah Makalah Ini Yaitu:
1.      Apa Makna Pendidikan ?
2.      Apa Fungsi Pendidikan Terhadap Perubahan Sosial ?
3.      Apa Makna Perubahan Sosial ?
4.      Apa Saja Teori Perubahan Sosial ?
5.      Apa Faktor Perubahan Sosial ?
6.      Bagaimana Hubungan Pendidikan Terhadap Perubahan Sosial ?
C.Tujuan Penulisan
Adapun yang Menjadi Tujuan Kami Menulis Makalah Ini Yaitu Agar :
1.      Mengetahui Makna Pendidikan.
2.      Mengetahui Fungsi Pendidikan Terhadap Perubahan Sosial.
3.      Mengetahui Makna Perubahan Sosial.
4.      Mengetahui Teori-teori Tentang Perubahan Sosial.
5.      Mengetahui Faktor-faktor Perubahan Sosial.
6.      Mengetahui Hubungan Pendidikan dengan Perubahan Sosial.


BAB II
PEMBAHASAN
A.Pendidikan.
a)   Pengertian Pendidikan.
Pendidikan adalah usaha sadar yang ditunjukan kepada peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian yang kuat dan utuh serta bermoral tinggi. Secara spesifik, dengan pendidikan peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyrakat, bangsa dan negara. Sehingga dapat tercipta Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
         Pendidikan sangat mempengaruhi proses perubahan sosial suatu individu dalam bermasyarakat dan akhirnya pendidikan akan dapat membangun bangsa dan negara di era globalisasi ini.
Dalam UU RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 telah ditetapkan bahwa” Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.”
b)   Fungsi Pendidikan Terhadap Perubahan Sosial.
Pendidkan memiliki andil besar dalam kehiduapan manusia, oleh sebab itu berikut ini fungsi pendidikan yang berhubungan dengan perubahan sosial di masyarakat, yaitu:
1)      Fungsi pendidikan sebagai perubahan sosial.
Pada fungsi ini pendidikan berperan sebagai pencetak penemu-penemu baru dengan hasil temuan mereka akan mempengaruhi kebudayaan masyarakat sehingga mengakibatkan perubahan sosial yang cukup menyeluruh. Contohnya, penemuan komputer, rice cooker dan lain-lain.
2)      melakukan reproduksi budaya
3)      Fungsi memindahkan nilai-nilai budaya (trasformasi kebudayaan).
Pendidikan dapat dirumuskan sebagai proses kegiatan yang direncanakan untuk memindahkan pengetahuan, sikap, nilai-nilai,serta kemampuan-kemapuan mental lainnya dari satu generasi ke generasi lebih muda, seperti proses interaksi guru dan murid di kelas dan sekolah ataupun di kelompok-kelompok warga belajar serta keluarga.
4)      Fungsi mengembangkan dan memantapkan hubungan-hubungan sosial.
Fungsi ini membentuk peserta didik lebih mengetahui, memahami dan mengerti kelompok-kelompok sosial yang ada di lingkungan sosial mereka. Dalam proses ini yang lebih berperan adalah pendidikan nonformal dan informal, tetapi pendidikan formal juga mempengaruhi sebagai wadah pengembangan secara akademis. Wajarlah kesempatan pendidikan terbuka lebar untuk mendukung keberhasilan pembangunan nasional. Hal ini berarti memperbaiki citra masyarakat dari lingkungan primitif menuju ke masyarakat yang modern dan berpandangan luas terhadap dunianya. Pendidikan membawa masyarakat ke arah perubahan yang menuju ke perbaikan.
Selain beberapa fungsi pendidikan di atas,masih banyak lagi fungsi pendidikan yang lain yang kea rah lebih baik dari sebelum memperoleh pendidikan tentunya.
B.Perubahan Sosial.
a)   Pengertian.
Setiap inovasi merupakan pemanfaatan unsur-unsur budaya yang tidak dapat dipungkiri dan pelanggaran terhadap aspek-aspek status quo budaya. Sejarah mencatat bahwa yang diinginkan bukan sekedar perubhan tetapi lebih pada stabilitas. Masyarakat berusaha memelihara kontinyuitas kehidupan sosial, baik dalam keadaan stabil maupun dalam proses perubahan sosial.
Perubahan sosial adalah perubahan untuk mencapai ketentraman sosial yang stabil. Stabilitas tidak hanya pada kondisi sosial yang ideal, tetapi juga pada kodisi normal.
Berikut ini beberapa definisi Perubahan Sosial menurut beberapa ahli:
Ø  Menurut Zaltman dan Duncan
Sosial adalah pembelajaran kembali individu atau kelompok sebagai reaksi terhadap adanya tuntutan aktivitas dalam situasi yang baru, yang menghasilkan perubahan baik,dalam bentuk dan atau fungsi sistem sosial.
Sistem pendidikan yang maju, sikap menghargai pendapat/ karya milik orang lain, orientasi masa depan, penduduk yang heterogen, serta sistem pelapisan masyarakat yang terbuka. Hal-hal tersebut merupakan faktor pendorong dalam perubahan sosial. Dalam pembahasan ini yang sangat mempengaruhi perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dewasa ini adalah orientasi kehidupan ke masa depan sehingga memajukan sistem pendidikan agar dapat mencetak penemuan-penemuan baru yang akhirnya mampu menggeser tatanan yang berlaku di masyarakat.
Ø  Menurut Prof. Selo Soemardjan.
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga masyarakat di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dimana pola-pola perikehidupan diantara kelompok-kelompok di dalam masyarakat.
Ø  Kingsley Davis .
Perubahan yang terjadi pada suatu struktur dan fungsi masyarakat.
Ø  Gillin
Perubahan sosial sebagai variasi dan cara-cara hidup yang telah diterima, yang disebabkan oleh perubahan geografis, kebudayaan dan penemuan baru dalam masyarakat.
b)   Teori Perubahan Sosial
Ada beberapa teori terkait tentang perubahan sosial ini yaitu :

1)      Teori Siklus
Menurut teori siklus, proses peralihan masyarakat tidak berakhir pada tahap akhir yang sempurna, melainkan berputar kembali ke tahap awal untuk peralihan tahap berikutnya. Pada teori ini, perubahan sosial tidak dapat direncanakan atau diarahkan ke suatu titik tertentu, tetapi berputar-putar menurut pola melingkar. Jadi, perubahan sosial sebagai sesuatu yang berulang-ulang.
2)      Teori Perkembangan
Menurut pendapat teori ini, bahwa perkembangan menuju suatu arah/titik tertentu, yang dimulai dari tahap perkembangan awal menuju tahap perkembangan akhir.Teori ini dibagi menjadi dua yaitu teori Evolusi dan Revolusi.
3)      Teori Unilinier
Teori ini menyatakan bahwa masyarakat berkembang dari tahap sederhana menuju ke arah kompleks dan akhirnya mencapai kesempurnaan.
4)      Teori Universal
Teori ini menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap-tahap yang tetap. Karena masyarakat selalu berkembang dari kelompok homogen menuju masyarakat yang heterogen.
c)   Faktor-faktor Perubahan Sosial.
Menurut Prof. Soerjono Soekanto, ada dua penyebab utama terjadinya perubahan sosial, yaitu faktor intern dan ekstern.
1)      Faktor-faktor Internal Perubahan Sosial
a.       Bertambah atau berkurangnya penduduk
Bertambahnya penduduk yang cepat akan menimbulkan perubahan pada struktur dan lembaga kemasyarakatan, misalnya menyangkut sistem hak milik tanah,upah buruh tani dengan uang dan sebagainya. Berkurangnya penduduk sebagai akibat dari migrasi atau bencana alam akan menimbulkan perubahan pembagian kerja, stratifikasi sosial, organisasi sosial.
b.      Penemuan-penemuan baru
c.       Pertentangan di dalam masyarakat
Konflik-konflik yang terjadi dalam masyarakat dapat menyebabkan perubahan sosial. Contoh: konflik antar generasi mengenai adat-istiadat, dapat mengakibatkan mengendornya ikatan tradisional.
2)      Terjadinya pemberontakan atau revolusi di dalam masyarakat
Contohnya, meletusnya revolusi 17 Agustus di Indonesia telah mengakibatkan berbagai macam perubahan
3)      Faktor-faktor Eksternal Perubahan Sosial
a.       Berubahnya lingkungan alam
Contoh: berubahnya daerah hutan di Tembagapura menjadi pusat pertambangan batu bara telah mengubah struktur, ekonomi, dan budaya di daerah itu.
b.      Peperangan dengan bangsa lain
Dalam peperangan, pihak yang kalah mengikuti yang menang.
c.        Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
C.Hubungan Pendidikan dengan Perubahan Sosial.
Adanya pendidikan dapat mempengaruhi perubahan sosial, yang mana perubahan sosial nantinya akan mempunyai fungsi yaitu : melakukan reproduksi budaya, mengembangkan analisis kultural terhadap kelembagaan-kelembagaan tradisional, melakukan perubahan-perubahan atau modifikasi tingkat ekonomi sosial tradisional, dan melakukan perubahan-perubahan yang lebih mendasar terhadap institusi-institusi tradisional yang telah ketinggalan.
Dalam proses perubahan sosial modifikasi yang terjadi seringkali tidak teratur dan tidak menyeluruh, meskipun sendi-sendi yang berubah itu saling berkaitan secara erat, sehingga melahirkan ketimpangan kebudayaan. Dikatakan pula olehnya bahwa cepatnya perubahan teknologi jelas akan membawa dampak luas ke seluruh institusi-institusi masyarakat sehingga munculnya kemiskinan, kejahatan, kriminalitas dan lain sebagainya merupakan dampak negatif yang tidak bisa dicegah.
Untuk itulah pendidikan harus mampu melakukan analisis kebutuhan nilai, pengetahuan dan teknologi yang paling mendesak dapat mengantisipasi kesiapan masyarakat dalam menghadapi perubahan.
Ada dua istilah dalam perubahan sosial, yaitu:
a.       Diferensiasi merupakan suatu keniscayaan yang pasti dilalui oleh sistem sosial dalam mengadaptasikan diri terhadap perubahan-perubahan di lingkungannya, dan
b.      Kemampuan untuk melakukan diferensiasi merupakan sebuah indikator positif mengenai kemampuan suatu sistem dalam menyesuaikan diri sesuai dengan proses-proses perubahan yang terjadi.
Sedangkan alur perkembangan diferensiasi pendidikan dapat diterangkan dalam beberapa poin sebagai berikut:
a.       Pendidikan pada masyarakat sederhana yang belum mengenal tulisan.Dalam kehidupan masyarakatnya mengembangkan pendidikan secara informal yang berfungsi untuk memberikan bekal keterampilan-keterampilan mata pencaharian dan memperkenalkan pola tingkah laku yang sesuai dengan nilai serta norma masyarakat setempat.
b.      Pada tingkatan yang lebih maju, sebagaian proses sosialisasi teridentifikasi keluar dari batas keluarga, diserahkan kepada semua pemuda di masyarakat tentu saja dengan bimbingan para orang tua yang berpengalaman atau berkeahlian.
c.       Dengan berkembangnya diferensiasi di masyarakat itu sendiri, maka meningkat pula upaya seleksi sosial.
d.      Pada tingkatan berikutnya hubungan antara pendidikan dengan masyarakat menjadi kian rumit dan semakin kompleks. Sejalan dengan arus industrialisasi dan kecenderungan diferensiasi sosial, maka spesialisasi peranan menjadi cirri istimewa masyarakat pada tingkatan keempat ini.

DAFTAR PUSTAKA
Muhadjir,Dr. Noeng.Ilmu pendidikan dan perubahan suatu teori pendidikan.( Yogyakarta: Rakesarasin.1993).
Pendidikan dan Masyarakat. (online), (http://pakguruonline.pendidikan.net, diakses tanggal 26 April 2014)
Soekanto, Soerjono. 2004. Sosiologi Suatu Pengantar.( Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).
Tirtarahardjo, Prof.Dr.Umar dan Drs.S.L.La Sulo.Pengantar pendidikan.( Jakarta:Rineka cipta,2005).
Wahyu, Sekar Ramadhania & Hanna Merliandra. Perkembangan Sosial Dan Kebudayaan Indonesia. 2007 (online), (http://www.wikimu.com, diakses tanggal 26 April 2008).


1 komentar:

  1. Grand Hotel Grand Casino Resort & Spa in Ridgefield, Washington
    Grand Casino Resort & Spa is located 경산 출장샵 in 성남 출장안마 Ridgefield, Washington, United States. Plan your next 순천 출장안마 event or meeting at 춘천 출장안마 Grand Hotel Grand Casino Resort & 춘천 출장마사지 Spa

    BalasHapus